Blog Archive

Friday, December 15, 2006

Sekali lagi, loss karena SL, bukan karena salah arah

Posisi Kemarin :
GBP – USD

Saat ini running 1.9662 berada di area persimpangan, ke atas atau ke bawah. Namun dengan mempertimbangkan chart daily dan weekly berpeluang turun kembali ke bawah.
Penurunan ini setidaknya akan mencapai 1.9523-an.
Strategi :
Running 1.9662
1. Sell at 1.9587 SL. 1.9637 (-50) TP. 1.9528 (+59)

Evaluasi :

Untuk kesekian kalinya, loss disebabkan terkena SL, bukan karena salah arah. Akhirnya saya kembali berpikir untuk menggunakan pola saya yang dulu, tanpa menggunakan Stop Loss (SL) !!
Mungkin ini ide gila bagi sebagian orang. Dan memang demikian teori standar yang diajarkan bagi newbie bahkan profesional untuk membatasi kerugian, Gunakan SL !!!
Karena ajaran tersebut, ketika saya terjun ke dalam real trading pola tersebut saya ikuti, gunakan SL. Namun justeru dengan SL inilah kekalahan sering terjadi.
Sekitar sebulan yang lalu saya menemukan sebuah artikel yang mendukung sistem trading Elliot Wave saya. Hentikan menggunakan SL !!! Judul asli artikel tersebut : Stop Using Stops: Trading with Elliott Wave Analysis

Hal yang paling mengusik saya adalah : Mengapa saya harus keluar dari pasar, ketika arah saya sudah benar.

No comments: