Tuesday, September 4, 2007

Ternyata GBP-USD Masih Alot

Pada akhir pekan kemarin saya sudah menyampaikan kepada teman-teman di conference bahwa update Senin akan terlambat atau mungkin tidak ada update karena saya ada sedikit aktivitas lain. Seperti kebetulan, saya tidak trading ternyata marketpun seperti tidak bergerak. Selain karena faktor libur market AS, juga faktor omongan Bush tempo hari yang mau menyelesaikan permasalahan kredit macet di sektor perumahan dengan cara membantu mereka memberikan likuiditas tambahan. Harapannya sektor perumahan dapat segera bangkit.

Omongan Bush ini mampu menahan pelemahan dollar yang secara teknikal harusnya sudah terkapar kembali, khususnya oleh sterling.

Market masih belum berani beranjak dari posisinya, market masih menilai apakah langkah yang diambil Bush itu benar akan menolong kredit macet ataukah hanya akan sia-sia.

Saya sendiri menilai, walaupun langkah Bush sudah benar tapi tidak serta merta akan membalikkan keadaan. Tidak seperti lampu aladin yang dalam sekejap persoalan kredit macet akan selesai.
Sementara langkah Bush masih dinilai pasar. Persoalan dollar sekarang juga terletak pada kemungkinan pemangakasan suku bunga The Fed pada pertemuan FOMC kali ini.

Secara teknikal dollar terhadap sterling masih akan melemah untuk membentuk wave 5 sebagai akhir siklus pelemahannya sejak 17 Agustus 2007.

Selanjutnya apabila GBP-USD berhasil di tahan di area 2.0147- 2.0126 maka GBP-USD masih dapat meneruskan kenaikannya menuju 2.0180 dan berlanjut ke 2.0290.


Salam Sukses,


Chart H1

No comments: