Wednesday, September 19, 2007

Terima Kasih Pak Kevin

Terima kasih atas komentar Pak Kevin yang sangat obyektif. Saya ingin mengomentari sedikit tentang “Telat” seperti kata Pak Kevin.

Saya akui update blog seperti tidak teratur jamnya. Kadang siang, kadang pagi dan kadang juga sore (lebih sering siang hari).
Hal ini semata-mata karena saya tidak online terus menerus. Pada pagi hari saya online sebentar, sebelum mulai kerja di kantor. Saya online antara Pk. 07.15 – 07.45 WIB.

Pada pagi ini saya hanya mengumpulkan info dan analisa singkat pergerakan market yang mungkin terjadi pada hari tersebut. Apabila posisi sudah sangat jelas saya langsung open posisi dan sedapat mungkin langsung update blog seperti kemarin.

Tetapi apabila tidak sempat update pagi, maka hasil analisa tersebut saya update siang ketika istirahat kantor, biasanya antara Pk. 12.00 – 13.00 WIB.
Update sore saya lakukan apabila posisi yang bagus tidak didapat hingga siang hari dan baru terlihat pada sore hari.

Saya akan tetap bersabar tidak open dan tidak update blog apabila keadaan market masih belum jelas dan memiliki resiko yang tinggi.

Alhamdulillah kesabaran seperti ini cukup sukses menghasilkan profit. Hasilnya bisa dirivew sepanjang perjalanan www.posisi-saya.blogspot.com sejak awal hingga sekarang.


Pertanyaan Bp. Pundiemas dari Malaysia (post pk.22.09 WIB) sudah terjawab oleh market. Pada posting kemarin juga sudah tersirat apa yang saya maksudkan, yaitu :

“Ternyata perkiraan kemarin tidak terjadi (yaitu perkiraan kenaikan menuju 2.0144-2.0175). GBP-USD tidak berhasil naik menuju area yang diharapkan dan terus meluncur menuju target penurunan ke area 1.9888 - 1.9819.

Hari ini Selasa, 18 September 2007 GU sudah siap menuju area tersebut.
(adalah area kenaikan yang saya maksudkan 2.0144-2.0175. Pada chart, level 2.0026 hanyalah target awal dan garis lurus ke atas menujukkan GU siap naik terus)”

Saya mohon maaf apabila gaya dan cara penulisan saya yang masih agak kabur bagi sebagian pembaca.

---------------------------------------------------

Saya sangat yakin dollar akan jatuh, terutama terhadap sterling karena saya sudah melihat sinergi antara fundamental dan teknikal.

Secara fundamental, market sudah melihat kemungkinan pemangkasan suku bunga the fed sejak 17 Agustus 2007 lalu ketika dilakukan pemangkasan Primary Credit Rate sebesar 50 basis poin dari 6,25% menjadi 5,75%. Analisa pemangkasan ini saya tulis disini pada posting tanggal 21 Agustus 2007 (Sabar : GBP-USD Masih Dalam Jalur Naik).
Pemangkasan suku bunga the fed kali ini yang sebesar 50 basis poin pun sudah diprediksi market untuk mengimbangi pemangkasan Primary Credit Rate yang juga 50 basis poin.
Keputusan pemotongan 50 basis poin ini adalah keputusan yang bersifat “paksaan” bagi the fed, karena akan berakibat makin menyempitnya jarak antara suku bunga AS dengan suku bunga mata uang dunia lainnya.

Secara teknikal, ketika GBP-USD menyentuh 1.9888, GU sudah berada di area jenuh jual (oversold) sebagai akhir wave dan bersiap membentuk wave baru ke area 2.0252 – 2.0284.

Hari ini Rabu, 19 September 2007 GBP-USD dapat meneruskan kenaikannnya setelah koreksi kecil ke 2.0134 - 2.0125.

Salam Sukses,

T. Asra

Chart

No comments: