Tuesday, August 21, 2007

Sabar : GBP-USD Masih Dalam Jalur Naik

Posisi kemarin buy at 1.9838 belum berhasil mencapai target dan terlikuidasi dengan trailing stop (profit $29, lihat gambar di bawah). Market berbalik arah karena pada hari ini Gubernur The Fed Ben Bernanke, Menkeu AS Henry Paulson dan Ketua Komisi Perbankan Senat Christopher Dodd mengadakan pertemuan tertutup guna membicarakan volatilitas market akhir-akhir ini.

Bagi market apa yang bisa ditafsirkan ?
Apapun yang akan dibahas dan implementasinya, market mulai menangkap adanya langkah-langkah baru pejabat Keuangan AS guna memperkuat perekonomiannya.

Menyikapi keadaan seperti ini, biasanya market akan bersikap positif kepada dollar. Namun hanya bersifat sementara.

Apabila langkah tersebut tidak transparan maka market pasti akan bersikap negatif kepada dollar.

Pertemuan ini bersifat tertutup. Artinya ada sesuatu yang gawat bagi ekonomi AS. Sangat wajar reaksi awal market masih positif, sedangkan selanjutnya kembali akan menghajar dollar.

Mengapa saya begitu optimis?

Satu hal yang telah dibaca oleh market pada akhir pekan lalu, dimana The Fed menurunkan Primary Credit Rate sebesar 50 basis poin dari 6,25% menjadi 5,75% guna membantu sektor keuangan mengatasi masalah likuiditasnya.

Berbeda dengan Fed Fund Rate yang merupakan target The Fed dalam mengarahkan tingkat suku bunga overnight pasar uang antar bank di AS, Primary Credit Rate merupakan fasilitas pinjaman (discount loans) dari The Fed bagi institusi keuangan yang tengah mengalami masalah likuiditas baik yang disebabkan oleh internal maupun eksternal.

Fed Fund Rate (yang masih 5,25%) umumnya lebih rendah dari discount loans.

Nah dari kacamata ini, kalau discound loans sudah turun maka peluang pemangkasan Fed Fund Rate atau suku bunganya Amrik sangat besar pada rapat FOMC mendatang.

Maka tidak heran pada awal pekan ini dollar langsung di hajar.

Posisi yang diincar berikutnya setelah posisi kemarin terlikuidasi dengan trailing stop Buy at 1.9838 Close 1.9867 profit $29 :


Posisi selanjutnya adalah mengintip untuk buy di area 1.9718-an :

No comments: